Friday, July 22, 2011

BIOGRAPHY EDANE


Edane, awalnya, sebenarnya bukan grup. Melainkan hanya berupa kolaborasi musik antara Eet Sjachranie, gitaris God Bless, dan Ecky Lamoh, mantan vokalis Elpamas. Keduanya bertemu saat terlibat dalam penggarapan album solo Eki Soekarno, Kharisma Indonesia. Salah satu lagu di album itu, Ecky Lamoh berpasangan dengan Eet.

Karena Eet tertarik dengan karakter vokal Ecky, ia pun langsung setuju ketika seorang produser rekaman menawarkannya untuk menggarap album solo Ecky. Tapi kemudian, Eet menjadikannya sebagai proyek kolaborasi. Namanya pun ditetapkan menjadi "E dan E". Namun pada saat itu, muncul pula grup duo yang memakai inisial serupa, yaitu "I dan I" yang dikibarkan oleh Ikang Fawzi dan Ian Antono.

Agar tidak dianggap mengekor, Eet pun mengubah haluan. Format duo diubah menjadi band dengan menggunakan nama "Edane". Kebetulan, Eet sudah lama mengidamkan punya band sendiri untuk menyalurkan idealisme bermusiknya. Ia pun merekrut basis Jet Liar, Iwan Xaverius dan Fajar Satritama, dramer yang sebelumnya pernah nge-band bersama Eet di grup Cynomadeus.

Tahun 1992, album perdana The Beast pun dirilis. Dari kemasan ini, melejit lagu Ikuti yang langsung menempatkan grup Edane sebagai salah satu grup rock yang paling diperhitungkan. Bahkan, mereka langsung mendapat kehormatan untuk menjadi band pembuka konser Sepultura di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, tahun '92.

Namun setelah itu, muncul ketidak cocokan antara Eet dan Ecky. Ecky pun hengkang dari formasi Edane. Atas saran produser, Eet pun menerima Hari "Ucok" Batara untuk mengisi kekosongan. Eet mengakui, saat itu, Edane nyaris tidak punya waktu untuk mengaudisi vokalis baru.


Dengan formasi baru ini, Edane sempat menelurkan album Jabrik ('94) dan Borneo ('96). Tapi di kedua album ini, Eet merasa kurang bisa menghasilkan musik yang maksimal. Salah satu kendalanya adalah adanya keterbatasan pada eksplorasi vokal Ucok. Sehingga, di album Borneo, Eet sempat memakai vokalis tamu. Selain itu, visi musik Ucok pun dianggap tidak sesuai lagi dengan konsep yang ingin diterapkan Edane.

Akhirnya, kelar merilis album 9299 ('99) yang berisi kumpulan lagu-lagu terbaik Edane, Ucok pun mengundurkan diri. Sejak itu, Edane kembali berbenah diri. Setelah mengelar audisi untuk vokal, terpilihlah Trison, mantan vokalis grup rock, Roxx.
         

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More